TUGAS KE-2 KWH, Mia Damayanti 2014-11-136 Perilaku Konsumtif VS Perilaku Investasi

Perilaku Konsumtif VS Perilaku Investasi

 

PERILAKU KONSUMTIF
 
Perilaku konsumtif adalah tindakan konsumen membeli produk yang kurang diperlukan untuk memuaskan kesenangan dan keinginan dari pada fungsi atau kebutuhannya. Perilaku ini didorong oleh dominannya features emotional lain yang dijadikan identifikasi bagi dirinya, demi pengakuan serta dilakukan tanpa berpikir realistis. Perilaku ini dapat menimbulkan pemborosan dan inefisiensi biaya, kecemasan dan rasa tidak aman, semangat pengabdian yang menurun pada perusahaan dan masyarakat, menimbulkan sifat permissive, mengurangi solidaritas sosial dan menimbulkan kecemburuan sosial. Gaya perilaku konsumtif semacam ini terjadi pada hampir semua golongan lapisan masyarakat yang memiliki pekerjaan yang berbeda. Tetapi…… Biasa perilaku ini didukung oleh kekuatan finansial yang memadai
Capture                                                 
Swasta flan Handoko (1987) menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhiperilaku konsumtif seseorang yaitu terdiri dari faktor internal dan eksternal.Faktor Internal yang mempengaruhi prilaku konsumtif seseorang

1.      Motivasi.

2.      Pengamatan dan belajar.

3.      Kepribadian dan konsep diri.

Faktor Eksternal  yang mempengaruhi prilaku konsumtif seseorang

1.      Kebudayaan

2.      Kelas social

3.      Kelompok social

4.      Keluarga.

 

Selain faktor yang mempengaruhi, konsumtif pun dapat terjadi apa bila ada hal yang menunjang seseorang mempunyai perilaku konsumtif, sebagai berikut :

1.          Naiknya pendapatan. Kenaikan ini diikuti penambahan kebutuhan hidup masyarakat, tidak hanya dalam mutu dan jumlah tetapi juga ragamnya.

2.          Iklan yang gencar akan mengakibatkan rasaingin tahun pada masyarakat, rasa ingin tahu ini terobati bila masyarakatatau konsumen telah memakai atau memiliki produk

3.           Westernisasi Masyarakat menganggap apa saja yang berasal dari negeri barat adalah yang terbaik. Apa yang dilakukan dan dipakai orang barat patut dan harus ditiru agar dikatakan modern. Gejala ini tampak ketika hal-hal yang berbau negeri barat mendapat tempat yang baik dalam negeri ini.

f201405160200347

 

Perilaku konsumtif ini bila dilihat dari sisi positif akan memberikan dampak:1. Membuka dan menambah lapangan pekerjaan, karena akan membutuhkan tenaga kerja lebih banyak untuk memproduksi barang dalam jumlah besar.
2. Meningkatkan motivasi konsumen untuk menambah jumlah penghasilan, karena konsumen akan berusaha menambah penghasilan agar bisa membeli barang yang diinginkan dalam jumlah dan jenis yang beraneka ragam.
3. Menciptakan pasar bagi produsen, karena bertambahnya jumlah barang yang dikonsumsi masyarakat maka produsen akan membuka pasar-pasar baru guna mempermudah memberikan pelayanan kepada masyarakat.
Bila dilihat dari sisi negatifnya, maka perilaku konsumtif akan menimbulkan dampak:

1. Pola hidup yang boros dan akan menimbulkan kecemburuan sosial, karena orang akan membeli semua barang yang diinginkan tanpa memikirkan harga barang tersebut murah atau mahal, barang tersebut diperlukan atau tidak, sehingga bagi orang yang tidak mampu mereka tidak akan sanggup untuk mengikuti pola kehidupan yang seperti itu.
2. Mengurangi kesempatan untuk menabung, karena orang akan lebih banyak membelanjakan uangnya dibandingkan menyisihkan untuk ditabung.
3. Cenderung tidak memikirkan kebutuhan yang akan datang, orang akan mengkonsumsi lebih banyak barang pada saat sekarang tanpa berpikir kebutuhannya di masa datang.

 

CONTOH PERILAKU KONSUMTIF :

Ikut-ikutan. Seseorang melakukan tindakan pembelian hanya untuk meniru orang lain atau kelompoknya dan mengikuti mode yang sedang beredar. Banyak terjadi pad a remaja yang melihat teman-temannya mempunya sesuatu yang lebih terbaru misalnya BAJU/PAKAIAN,mereka akan berusaha untuk mengikuti perbaruan model baju mengikuti zaman, karena apabila tidak mengikuti ditakutkan akan ketinggalan zaman dengan temannya.

PERILAKU INVESTASI

Semua pasti butuh uang, tapi tidak semua orang mengerti mengelola keuangannya. Padahal sekecil apa pun penghasilan seseorang, bila ia mampu mengelolanya, ia pun bisa jadi kaya. menyimpan atau menanamkan sejumlah uang pada suatu barang atau jasa, dengan harapan di kemudian hari dapat menghasilkan keuntungan atau membuahkan hasil sekian persen dari modal yang ditanamkan atau dari sejumlah uang yang pernah digulingkan untuk urusan tersebut.

penipuan-investasi-ilustrasi-_130226113242-689

 

 

Mengapa kita perlu berinvestasi? 

  • Adanya kebutuhan masa depan atau kebutuhan saat ini yang belum dapat terpenuhi
  • Adanya kebutuhan untuk melindungi nilai aset yang telah dimiliki
  • Adanya keinginan untuk menambah nilai aset yang sudah ada
  • Adanya Inflasi

Ketika anda memutuskan untuk berinvestasi, maka ada beberapa hal yang harus anda perhatikan yakni, tujuan investasi, resiko investasi, keuntungan, dan jangka waktu

Faktor yang mempengaruhi investasi

 

  1. Tingkat Ekspetasi Keuntungan Ekspektasi adalah harapan. Jadi bila harapan keuntungan tinggi, tingkat investasi juga tinggi.
  2. Ramalan Keadaan Ekonomi Kebalikan dari tabungan, investasi lebih tinggi pada saat keadaan ekonomi stabil karena suatu usaha akan lebih mudah dikalkulasikan dan diprediksi keuntungannya. Kondisi ekonomi yang tidak stabil menyebabkan sektor usaha tidak dapat diprediksi keuntungannya, bahkan peluang untuk ambruk lebih besar sehingga keinginan orang untuk berinvestasi akan menurun.

saham2

Ada 3 Jenis Pilihan Untuk Kita Berinvestasi Atau Menginvestasikan Harta Kita

  1. Pembelian berbagai jenis barang modal , yaitu mesin-mesin dan peralatan produksi lainya untuk mendirikan berbagai jenis perusahaan Yang tercakup dalam investasi barang dan modal (capital good) dan bangunan (construction)
  2. Pertambahan nilai stok barang-barang yang belum terjual, bahan mentah, dan bahan – bahan yang masih dalam proses produksi pada akhir tahun perhitungan pendapatan
  3. Pendidikan, dan skill juga termasuk jenis investasi, karena apabila kita memiliki skill yang beda dari yang lain tentunya akan menguntungkan bagi kita dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>