TUGAS KE-1 Menabung Sedikit Demi sedikit Lama-Lama Menjadi Bukit

 TUGAS KE – 1 TIPS Menabung Sedikit-Demi sedikit Lama- Lama Menjadi Bukit

 

 

 

 

sedikit-demi-sedikit-lama-lama-menjadi-bukit

Small deeds

 

 

 

Dari kecil kita udah diajarin sama orangtua kita buat hemat. ” Hemat pangkal kaya”, salah satu jargon terkenal dari jaman dahulu kala. Hemat doang gak cukup karena harus dibarengi dengan menabung. Jelas tujuanya buat menyimpan uang dan akan dipergunakan suatu hari nanti jika ada kebutuhan yang harus dipenuhi.

Saya akan bercerita sedikit mengenai perihal menabung, saya adalah tipe orang yang sangat boros dengan uang. Tetapi beberapa waktu lalu sya dihadapkan  dengan keinginan untuk mempunyai bisnis sendiri, dan saya pikir saat ini saya belum punya duit sedikit pun. Tapi saya ingin sekali punya bisnis itu, singat cerita saya ingin membeli bisnis Franchise sebuah makanan terkini yaitu Seblak. Saya tidak mau membebani orangtua saya dengan keinginan saya ini akhirnya saya mulai menabung dari saya membagi 40% uang saku saya untuk ditabungkan di celengan saya yang bernama CEBI “ Celengan Biru” hehe :D . Saya menabung sekitar 7 bulan dengan target 5jt. Saya diberi uang saku setiap harinya 80.000 perhari, saya sisihkan trlebih dahulu 40%nya yaitu 32000. Saya diberi uang saku seminggu 6 kali dan hari Minggu libur L . jadi perhitungannya 32.000 x 6 = 192.000 ( 1 minggu ), 192.000 x 4 = 768.000 ( 1 bulan ). Target saya ingin membeli franchise bisnis tersebut dengan harga yang tertera 3,5jt tetapi saya targetkan harus 5jt. Akhirnya saya pun sangat niat untuk menabung dan juga gat tidak tergoyakan oleh apapun. Akhirnya sampailah pada bulan ke -7 duit yang berhasil saya kumpulkan adalah 768.000 x 7 = 5.376.000. alhamdulillah sedikit berlebih ini untuk hadiah saya yang selama ini giat bernabung dan akhirnya target saya pun tercapai. dan pada akhirnya saya bisa memenuhi keinginan saya sendiri dengan menggunakan uang saya sendirijuga yaitu untk membuka Bisnis saya walaupun bukan murni bisnis saya sendiri tetapi denganjalan membeli Franchise bisnis makanan yaitu SEBLAK :) Saya bangga. karena selama ini banyak orang yang meremehkan saya tidak bisa merealisasikan mimpi saya itu, dan akhirnya saya bisa membuktikan itu kepada mereka semua :) Alhamdulillah…..

Banyak sekali keluhan sering kita dengar seperti “Saya susah nabung nih, gak bisa kalo gak belanja”, “Gimana mulainya yah nabung, duit kayaknya pas banget”, “Gak ngerti nih mana yang harus di hemat, pusing ah”.  Segala macam keluhan yang seolah-olah anda berhadapan dengan tembok beton sehingga tidak bisa maju atau ‘take action’ adalah karena anda tidak memiliki motivasi.  Ada juga yang setelah baca artikel di blog ini, semangatnya langsung membara dan kepengen nabung besok!  Eh…setelah 3 hari saja sudah mulai letoy semangatnya, gak konsen lagi dengan menabung, cuek seperti biasa.  Hal ini normal banget, tapi harus dihajar agar semangat anda tidak luntur begitu saja.  Oleh karena itu kita semua harus bisa memotivasi diri sendiri sehingga terus menerus menabung dan mencapai kehidupan super mapan dan nyaman.

 

Gimana sih cara menabung yang nyaman tanpa membebani pikiran?

Mungkin agak sulit ya,apalagi bagi kita yang mempunyai banyak kebutuhan kuliah kita sedangkan uang saku pas-pasan.

Tapi tenang,itu tidak akan menjadi masalah apabila kita sungguh-sungguh niat untuk menabung.

Berikut ini saya akan berbagi tips menabung ala saya sendiri :

 

  1. Kamu harus niat dulu,cara untuk mendahuluinya ubah dirimu yang konsumtif/boros.
  2. Klasifikasikan kebutuhan-kebutuhan kamu.

Dalam tahap ini kamu harus mencoba mengklasifikasikan mana yang menjadi kebutuhan primer dan mana yang menjadi kebutuhan sekunder.Bagi pelajar,tentu keperluan kuliah  yang utama.

 

  1. Hal ketiga yang perlu lakuin adalah bengiasakan selalu membuat daftar pengeluaran yang sekiranya mau keluarin bulan itu, dengan cara memisahkan antara : Pengeluaran wajib (misalnya ongkos kuliah, pulsa, bensin), peluaran ingin (misalnya mau beli baju, nonton bioskop dan beli sepatu). Lebih bagus lagi kalo dari pengaturan di awal ini ada sisa anggaran untuk ditabung. Supaya nggak cepet  abis, uang untuk ditabung ini buru-buru langsung masukin ke tabungan ya. Menabung nggak harus ke bank loh, bisa dengan cara ‘bahuela’ nih dengan menggunakan celengan. Saya sarankan beli celengan yang bentuknya kalian suka ya misal doraemonlah atau babi pink tuh  biar semangat nabungnya

 

  1. Buat catatan akuntansi aktivitas uang kas kamu.

“sepertinya aku dari kemarin tidak jajan,lalu dimana uangku”.Nah,jika kamu pernah berpikir demikian mulailah mencatat kebutuhanmu supaya kamu lebih mudah mengatur pengeluaran.

 

  1. Langsung go home tiap kali pulang kuliah. Jangan nongkrong di mall, butik, kafe atau tempat-tempat yang menggoda kegiatan nabung kita, karena tanpa sadar kita pasti ngeluarin uang untuk makan, minum atau beli barang-barang yang sebetulnya kagak perlu-perlu amat. Sesekali demi gaul sama temen sih boleh aja, asal tetep atur pengeluaran dan jangan sering-sering juga

 

  1. Berhentilah Membeli Barang yang gak diPerlukan(cuma buang buang duit). Bedain antara ingin dan butuh. Kadang kita  tergiur apabila melihat barang-barang keren atau gaul abis kalo kita punya, terutama cewek nih sering banget kan. Apalagi kalo barang itu  favorit kita banget, misalnya aksesoris atau album idola kita. Tapi sebagai seorang pelajar kita memiliki banyak kebutuhan yang dituntut oleh kuliah maupun statusmu sebagai pelajar.

 

  1. Agar memacu semangat kamu dalam menabung,kamu harus membuat target sendiri.Misalnya,dalam satu bulan aku harus mengumpulkan berapa… seperti tareget saya yang akan dicapai tadi

 

  1. Jangan pernah merasa tertekan saat menabung,sesekali kamu boleh memberi kebahagiaan untuk dirimu sendiri,misalkan beli baju,makan bersama teman-teman dan lain-lain tapi jangan keseringan hanya sesekali.

 

Sebenarnya menabung itu menyenangkan,namun jangan membanyangkan hal-hal yang berlebihan.Jalani dengan senang supaya kamu tetap nyaman.Semoga tips ini bermanfaat.

 

Nah, mulai sekarang,  harus bisa! harus bisa !, memprioritaskan mana yang penting untuk didahulukan dan mana yang bisa ditunda. Intinya harus bisa ngendaliin diri buat hal-hal berbau menyenangkan diri yang berlebihan. Semoga Tips ala MIA ini bermanfaat buat kita semua , Semangat menabung ya,dan salam peace from Mia Damayanti :) :)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>